Lokma Bisa Jadi Pilihan Cemilan Saat Buka Puasa

Saprin Mantali
Lokma Bisa Jadi Pilihan Cemilan Saat Buka Puasa

Sebenarnya banyak sekali ragam cemilan yang patut anda coba ketika buka puasa. Bisa membelinya di penjual takjil atau membuatnya sendiri. Tinggal pilih sesuai dengan selera anda masing-masing.

Jika anda ingin mencicipi cemilan yang kaya rasa manis maka cobalah makanan khas Turki bernama Lokma.

Yap, makanan ini memang biasa dijadikan takjil pada saat buka puasa. Rasanya yang manis dan banyak digemari tentu saja membuat banyak orang berfikir bahwa ini adalah cemilan paling tepat saat buka puasa.

Camilan ini memang sangat terkenal di negaranya bahkan kerap sekali disuguhkan sebagai makanan penutup. Bentuk dari Lokma itu sendiri adalah berupa gorengan yang diolah memakai tepung manis yang kemudian langsung dicelupkan pada sirup. Jika anda tertarik untuk mencicipinya maka tidak ada salahnya mencobanya sekarang.

Biasanya orang Turki memakan cemilan ini bersama dengan segelas kopi hangat sembari menunggu makan siang. Namun karena pada bulan ramadhan, mereka selalu menjadikan ini sebagai takjil. Bahkan cara pembuatan Lokma juga sangat mudah dan tidak perlu membutuhkan biaya yang sangat mahal.

Cara membuat Lokma
Jika anda tertarik dengan cemilan yang satu ini, coba praktekkan cara membuatnya :
  1. Rebus gula dengan air secukupnya dan gunakan api kecil saja. 
  2. Lakukan pemasakan kurang lebih selama 15 menit kemudian tambahkan dengan jus lemon secukupnnya atau sesuai dengan selera.
  3. Jika sudah sisihkan dan biarkan mendingin. 
  4. Sembari menunggu air tersebut dingin, langkah selanjutnya adalah membuat adonan. Yakni dengan cara merendam satu sendok makan ragi Turki dan dua potong gula yang sudah diberi air hangat. 
  5. Ayak tepung Turki dan buatlah lubang pada bagian tengahnya. 
  6. Tuangkan air ragi, garam dan telur dan aduk hingga menjadi adonan. Diamkan selama kurang lebih 20 menit. 
  7. Bentuk bola-bola kecil dan goreng pada minyak panas. Terakhir anda dapat menambahkan sirup atau taburan bubuk gula dan kayu manis.
Lokma bisa jadi pilihan cemilan yang cocok untuk Anda saat buka puasa. Setelah minum air putih sesuai kebutuhan maka anda dapat mencicipi satu buah lokma sebelum sholat. Jika sudah, anda dapat menjalankan sholat maghrib tidak takut merasa kelaparan. Sholat yang anda kerjakan juga semakin khusuk dan mendapatkan pahala yang banyak.

Baca juga : Fakta Unik Seputar Ramadhan

Terima kasih sudah membaca artikel Lokma Bisa Jadi Pilihan Cemilan Saat Buka Puasa, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya.

Bagikan ke teman

Related Posts

Previous
Next Post »