Lebaran Tiba! Catat Dulu Tips Ini Agar Kolesterol Tetap Terjaga

Lebaran Tiba! Catat Dulu Tips Ini Agar Kolesterol Tetap Terjaga

Sulit rasanya menolak godaan hari raya. Dari makanan bersantan seperti ketupat sayur hingga makanan dan minuman yang manis-manis selalu jadi andalan saat merayakan kemenangan.

Tapi, ingat, merayakan hari raya tetap harus dengan sehat lho. Terlebih jika Anda memiliki riwayat kolesterol. Sebisa mungkin hindari bagian daging yang berlemak, seperti kulit ayam, jadi kalau mau ambil opor, ambil ayamnya aja, kulit ayamnya jangan dimakan.

Kuah bersantan seperti kuah opor atau ketupar sayur juga sebisa mungkin dikurangi. Sebab, santan juga salah satu hal yang bisa meningkatkan kadar kolesterol saat hari raya.

Selain itu, kebanyakan orang juga suka melupakan bahwa gula berlebih juga bisa membuat kadar kolesterol meningkat. Kadang orang bilang 'ah ga mau makan opornya' tapi dia minum soda, sirup, kan sama aja.

Sebaiknya, dibandingkan mengonsumsi opor atau rendang yang tinggi lemak, tambahkan porsi sayuran ke dalam piring akan jadi lebih baik.

Kenapa? Karena sayuran itu mengandung serat yang bisa mengganggu penyerapan lemak, selain itu serat juga bisa membuat orang lebih mudah kenyang dan pastinya sayur itu sehat karena kaya vitamin.

Terkadang berkumpul dengan orang-orang terkasih membuat Anda terus menerus dijamu oleh makanan lezat. Kadang karena ga enak ditawarin jadi kita makan lagi,makan lagi.

Hal penting yang harus diingat, berhentilah makan sebelum kekenyangan, kadang udah kenyang juga masih aja dipaksain.

Bagikan ke teman

Related Posts

Previous
Next Post »