Kini Cari Lowongan Kerja Lebih Mudah Lewat Google Jobs

Kini Cari Lowongan Kerja Lebih Mudah Lewat Google Jobs

Google telah meluncurkan fitur pencarian pekerjaan di mesin pencarinya. Dilansir dari CNNIndonesia.com, teknologi ini memberi pilihan bagi pengguna untuk menelusuri lowongan pekerjaan berdasarkan lokasi, waktu pengumuman, dan perusahaan yang memerlukan tenaga baru.

Fitur ini mengadopsi teknologi kecerdasan buatan (AI) di mesin pencari Google. Hanya saja kali ini pencariannya dikhususkan untuk mencari lowongan pekerjaan. Sayangnya, setelah CNNIndonesia.com coba,  fitur ini masih belum dapat digunakan di Indonesia.

Saat CNNIndonesia.com mencoba mengetikkan pencarian pekerjaan, hasil yang keluar masih berupa laman pencarian hasil seperti biasa. Sebab, untuk fitur ini Google memberi tampilan hasil pencarian khusus. Hasil pencarian pekerjaan akan ditampilkan dalam bentuk kartu-kartu. Kemungkinan fitur ini baru bisa diakses terbatas.

Baca:
Samsung Akan Pakai Google Play Sebagai Pemutar Musik Utama

Pengguna bahkan bisa mengetikkan kata kunci seperti "pekerjaan di sekitar saya" pada kotak pencarian Google di peramban desktop ataupun mobile. Hasilnya, Google akan menunjukkan deretan pekerjaan yang ada di sekitar lokasi pengguna, lengkap dengan jenis pekerjaan dan badan usaha yang membutuhkannya.

Bila ingin mencari lowongan pekerjaan yang lebih spesifik, pengguna cukup mengetik sektor yang diinginkan sembari diikuti kata "jobs". Misalnya adalah "retail jobs" untuk mencari pekerjaan di sektor ritel.

"Mencari sebuah pekerjaan seperti kencan. Masing-masing orang punya preferensi unik dan hanya ada satu orang yang bisa mengisi pekerjaan itu," kata Nick Zakrasek, manajer produk Google.


Bagikan ke teman

Related Posts

Previous
Next Post »