Samsung Akan Pakai Google Play Sebagai Pemutar Musik Utama

Samsung Akan Pakai Google Play Sebagai Pemutar Musik Utama
Samsung Galaxi S8 (Foto: www.cnet.com)

Samsung jadikan Google Play Music sebagai pemutar musik utama mereka. Hal ini diumumkan Samsung dan Google bertepatan dengan peluncuran perangkat tersebut di pasar retail, Senin (19/6). Sebelumnya, Samsung pernah memiliki pemutar musiknya sendiri, Milk Music. Lantaran tak populer, tahun lalu Samsung mematikan layanan ini.

Pemutar musiknya lantas diganti dengan Google Play Music sebagai aplikasi pemutar musik utama untuk Galaxy S7.

Sebagai dukungan atas kerjasama ini,Google Play Music juga mengumumkan bahwa mereka menyediakan fitur khusus bagi pengguna S8. Fitur ini dinamakan New Release Radio. Dengan fitur ini, pengguna mampu menampilkan koleksi lagu-lagu baru sesuai selera musik pemiliknya.

Fitur itu juga akan menampilkan rekomendasi lagu baru setiap harinya. Lagu-lagu rekomendasi yang ditampilkan di New Release didasarkan pada riwayat lagu yang kerap diputar pemiliknya. Harapannya agar pemilik S8 tak perlu repot menggali-gali musik yang sesuai seleranya dari ribuan lagu baru yang tersedia di Google Play Music.

Fitur ini sekilas memang mirip dengan Release Radar milik Spotify. Fitur yang meluncur pertama kali untuk S8 ini, merupakan kelanjutan kerja sama antara Google dengan Samsung.

Google menggratiskan layanan streaming musik di aplikasi mereka untuk tiga bulan pertama bagi pemilik Samsung.

Kerja sama eksklusif ini juga membuat pemilik Galaxy S8 bisa mengunggah 100.000 lagu ke layanan cloud. Jumlah ini dua kali lipat lebih banyak dari ponsel Android lain yang hanya bisa mengunggah 50.000 lagu saja.

Fitur New Release Radio untuk Galaxy S8 ini adalah bentuk adaptasi terbaru dari Google menghadapi kompetisi aplikasi pemutar musik lain seperti Spotify dan Apple Music. Sebab, keduanya berkembang dengan cepat.

Hingga saat ini, Google belum memberi tanda-tanda apakah fitur New Release Radio ini bakal bisa diakses di ponsel selain Samsung dalam waktu dekat atau terus eksklusif di perangkat Samsung. Demikian diberitakan Android Central dan The Verge

Bagikan ke teman

Related Posts

Previous
Next Post »