9 Tips Siapkan Tubuh Sehat Sebelum Puasa Ramadhan

Saprin Mantali
9 Tips Siapkan Tubuh Sehat Sebelum Puasa Ramadhan

Bulan Ramadan tinggal menghitung hari, umat Muslim mulai bersiap untuk menjalankan ibadah puasa. Namun dengan perencanaan akan membuat transisi jauh lebih mudah.

Berikut ini 9 Tips yang dapat dipersiapkan tubuh sebelum berpuasa sebulan penuh.

1. Konsumsi makanan dengan jumlah sedang
Mulailah dengan makan dengan jumlah sedang. Jangan karena bulan Ramadhan yang semakin dekat membuat Anda berbelanja banyak bahan makanan. Ini hanya akan meningkatkan nafsu makan Anda dan membuat Anda lebih sulit untuk berpuasa.

2. Sarapan pagi
Selama bulan puasa kita akan bangun pagi untuk makan sahur. Penting bagi Anda untuk tidak melewatkannya. Saat ini mulailah mencoba sarapan lebih awal untuk membantu tubuh beradaptasi menerima asupan makanan di awal waktu.

3. Kurangi cemilan
Biasakan diri Anda makan di tiga jam utama yakni sarapan, makan siang dan makan malam. Dan cobalah untuk menghindari untuk memakan cemilan diantara jadwal makan. Selama bulan Ramadan, Anda hanya diperbolehkan makan hanya dua kali yakni sahur dan berbuka.

4. Kurangi asupan kopi
Jika Anda seorang pecinta kopi dan tidak ingin mengalami sakit kepala selama bulan Ramadhan, mulailah untuk mengurangi asupan kafein Anda dari sekarang, dan beralih ke kopi tanpa kafein.

5. Berhenti merokok
Perokok yang memulai puasa tanpa persiapan akan mengalami berbagai gejala seperti mudah marah, gelisah, tidak sabar dan sulit berkonsentrasi selama puasa. Untuk menghindarinya, kurangi merokok perlahan-lahan terutama di siang hari.

Baca juga : Panduan Mudah Belajar Membaca Alqur'an

6. Lakukan puasa sunah
Cara yang lebih baik untuk mempersiapkan diri menjelang bulan Ramadan adalah dengan latihan. Cobalah untuk melakukan beberapa puasa menjelang Ramadan untuk membantu Anda beradaptasi. Ini juga merupakan kesempatan besar untuk menebus puasa yang tidak dijalankan tahun lalu.

7. Mengatur waktu tidur
Jika biasanya Anda suka tidur larut malam dan bangun siang hari, mulai mengatur tidur Anda dari sekarang. Karena selama Ramadan Anda akan bangun pagi untuk sahur. Sebagai alternatif, cobalah manfaatkan waktu untuk tidur siang selama beberapa menit.

8. Menyiapkan daftar makanan untuk sahur dan berbuka
Merencanakan daftar makanan sebelum Ramadan akan menjauhkan Anda dari kerumitan terutama pada minggu pertama Ramadan saat Anda sibuk menyesuaikan diri. Siapkan menu dan mulai berbelanja untuk sahur dan berbuka selama tujuh hari pertama, di saat Anda masih penuh energi.

9. Pergi ke dokter
Jika Anda menderita penyakit diabetes atau tekanan darah tinggi, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter dari sekarang untuk menanyakan apakah aman bagi Anda untuk berpuasa.

Bagikan ke teman

Related Posts

Previous
Next Post »