6 Tips Menjaga Kesehatan Pasca Ramadhan

6 Tips Menjaga Kesehatan Pasca Ramadhan
(informa.co.id)

Berakhirnya bulan Ramadan menandakan bahwa pola makan yang sebelumnya sudah dibiasakan untuk berpuasa harus kembali ke pola makan normal, yaitu makan tiga kali sehari.

Namun, Anda perlu beradaptasi dengan memilih makanan yang tepat agar badan tidak mengalami syok dan menyebabkan gangguaan pencernaan dan kembung. Berikut adalah beberapa tips memilih makanan pasca bulan puasa untuk kembali ke pola makan normal.

1. Mulailah makan pagi dengan mengonsumsi buah segar atau segelas jus buah. Beberapa buah seperti pisang, aple, atau jeruk manis dapat mengenyangkan sekaligus menyegarkan tubuh karena menyediakan banyak energi pada tubuh.

2. Hindari makanan yang digoreng meskipun proses pemasakannya cepat, terutama menu sarapan yang umumnya didominasi karbohidrat, karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

3. Menu makanan yang didominasi keju atau dadih adalah pilihan yang baik karena mudah dicerna dan mencegah keasaman dalam pencernaan. Selain itu, nutrisi dan probiotik dalam keju dapat membantu mengatasu komplikasi perut akibat puasa dalam waktu lama.

4. Hindari makanan pedas dan berminyak karena dapat menyebabkan sakit perut dan muncul asam. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan membiarkan perut setengah kenyang.

5. Utamakan sayuran. Makanan tinggi akan serat dan nutrisi tersebut membuat perut tetang kenyang dan tak mengandung banyak kalori.

6. Jika merasa sangat haus setelah makan berat, jangan langsung minum dingin karena dapat mengencerkan enzim pencernaan dan memperlambat proses tersebut sehingga memicu gangguan pencernaan. Minumlah air putih sekitar satu jam sebelum atau sesudah makan untuk memastikan pencernaan normal.

Bagikan ke teman

Related Posts

Previous
Next Post »