Waspada Jamur Dinding Rumah Mengganggu Kesehatan Anda

Saprin Mantali
Waspada Jamur Dinding Rumah Mengganggu Kesehatan Anda

Tahukah Anda bahwa racun dalam jamur yang menempel pada perabot rumah tangga dapat menimbulkan masalah kesehatan?

Sebuah laporan media menyebutkan bahwa sebuah penelitian menemukan bahwa hal yang sering terlewatkan tersebut bahkan dapat menimbulkan masalah serius.

Umumnya, jamur tersebut menempel pada lapisan dinding dan menyebar ke udara. Hal inilah yang menyebabkan mengapa masalah kesehatan kebanyakan diakibatkan oleh udara.

Racun jamur bernama Mycotoxin itu menyebabkan polusi udara dalam ruang yang menyebabkan seseorang terkena sick building syndrome (sindrom bangunan sakit).

Sindrom dimana orang yang berada dalam bangunan mengalami gejala sakit atau merasa tak enak badan tanpa sebab.

Penelitian yang diterbitkan dalam Applied and Environmental Microbiology tersebut meneliti tiga jenis jamur yang banyak ditemui pada makanan: Penicillium Brevicompactum, Aspergillus Versicolor dan Stachybotrys chartum.

Hasilnya, selembar lapisan kertas dinding ditemukan terkontaminasi oleh tiga jamur tersebut.

Aliran udara yang mengalir di sekitar kertas dinding dan sampel udara ruangan dikumpulkan untuk diperiksa dan mereka menemukan beberapa jenis racun yang berbentuk partikel debu kecil yang mudah dihirup oleh orang atau hewan.

Beberapa jenis jamur bercaun berbeda yang juga bisa tersebar melalui udara. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efek racun tersebut dalam tubuh.

Bagikan ke teman

Related Posts

Previous
Next Post »