Jangan Menyimpan Tomat Dalam Kulkas, Ini Efek Buruknya

Jangan Menyimpan Tomat Dalam Kulkas, Ini Efek Buruknya

Menyimpan buah-buahan dan sayuran di dalam lemari pendingin mungkin terdengar sebagai hal biasa yang praktis dilakukan hampir setiap hari-hari. Namun ternyata ada satu varian sayuran yang seharusnya tetap berada di luar lemari pendingin.

New York Times memberitakan, sebuah riset yang dilakukan oleh University of Florida menemukan bahwa tomat-tomat yang disimpan dalam tempat dengan suhu seperti kulkas, bakal mengalami penurunan rasa.

Tak hanya sampai di situ, rasa tomat yang berkurang itu dipastikan tidak akan kembali lagi meski tomat dipindahkan ke luar lemari pendingin.

Penelitian yang dipublikasikan dalam acara Proceedings of the National Academy of Sciences ini mengatakan bahwa pendinginan sama saja dengan mengubah stabilitas sintesis di dalam tomat.

Dengan kata lain, penyimpanan di dalam kulkas memicu perubahan dalam metilasi DNA. Artinya bahwa ketika tomat dibawa kembali ke suhu kamar, gen yang membuat rasa tomat seperti telah 'dimatikan', dan sebaliknya.

Pemimpin penulisan penelitian ini, Harry Klee, menganalogikan kondisi tomat yang dikeluarkan dari pendingin sama halnya dengan simfoni yang keluar dari biola dan alat musik tiup. "Anda masi tetap dapat mendengar suaranya, tapi itu berbeda," katanya.

Dia menjelaskan, untuk sebuah tomat yang lezat, biasanya mengandung campuran yang kompleks dari asam, gula dan bahan kimia yang dikenal sebagai senyawa organik yang mudah menguap, dapat dibuat dengan melakukan 'orkestrasi' 30 bahan kimia dengan komposisi yang seimbang.

Bersama timnya, Klee menyimpan tomat selama satu minggu dalam lingkungan yang dingin (suhu 4,4 derajat celsius), dan diikuti dengan periode pemulihan yaitu disimpan dalam tempat bersuhu 20 derajat.

Tomat yang mereka uji itu mengalami 'shock' saat dingin, dan bahkan setelah sehari penuh kembali pada suhu kamar, tomat-tomat tidak mendapatkan kembali rasa lezat dan segar yang mereka.

Bagikan ke teman

Related Posts

Previous
Next Post »