Pentingnya Minum Susu Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Saprin Mantali
Pentingnya Minum Susu Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Bulan puasa sudah masuk likur ke Tiga (10 hari terakhir). Meski sebenarnya puasa menyehatkan, namun tak dimungkiri kalau ada saja orang yang kesehatannya menurun. Untuk menyiasati hal ini sekaligus menjaga kesehatan tubuh, konsumsi makanan dan minuman yang tepat saat sahur dan berbuka harus diterapkan.

Saat sahur konsumsi makanan yang kaya serat dan bernutrisi sangatlah dibutuhkan tubuh. Tujuannya agar kuat berpuasa seharian. Selain konsumsi sayur dan buah, nyatanya asupan susu juga dibutuhkan tubuh.

Selama menjalankan puasa, tubuh membutuhkan nutrisi yang baik dan lengkap agar tetap fit. Mengonsumsi segelas susu saat sahur dapat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama karena kandungan protein.

Tak cuma bicara soal kekuatan tulang, susu, kata Rachmad juga memberikan berbagai manfaat lain konsumsi susu.

Asupan susu dalam kombinasi santapan sahur akan menambah asupan cairan dalam tubuh. Selain itu, kandungan vitamin dalam susu dianggap memberi manfaat tersendiri bagi kesehatan orang yang berpuasa.

Selain menyumbang asupan cairan tubuh, susu juga memngandung kalsium dan sejumlah vitamin yang diperlukan tubuh, serta membantu memperkuat daya tahan tubuh selama puasa.

Hanya saja, untuk mendapatkan manfaat susu yang maksimal, Rachmad menyarankan untuk tak cuma minum susu saat sahur. Selama bepuasa, konsumsi susu juga dianjurkan saat berbuka puasa. Asupan susu saat berbuka memberikan manfaat yang berbeda dengan asupan saat sahur.

Saat berbuka, susu dapat membantu mengembalikan energi tubuh, Sedangkan jika diminum malam hari akan membantu tidur lebih cepat.

Susu, memang bisa memberi efek yang menenangkan tubuh. Kandungan asam amino tryptophan di dalamnya berfungsi sebagai prekursor yang berguna untuk neurotransmitter serotonin yang bersifat menenangkan. Setelah tubuh merasa tenang, perasaan mengantuk pun muncul.

Bagikan ke teman

Related Posts

Previous
Next Post »