Tips Agar Tidak Terlambat Bangun Sahur

Saprin Mantali
Tips Agar Tidak Terlambat Bangun Sahur
Tips Agar Tidak Terlambat Bangun Sahur
| Arsip 2015 Foto P2KP Pohuwato - Gorontalo
Dalam menjalankan ibadah puasa salah satu hal wajib yang kita lakukan adalah melakukan sahur. Ada kalanya seseorang terlambat bangun untuk makan sahur. Kalau sudah begini, puasa kita pada esok hari terasa lemas dari biasanya.

Sahur sendiri bertujuan untuk memberikan tambahan nutrisi dan energy untuk melakukan aktivitas pada keesokan harinya. Banyak orang yang terkadang menyepelekan makan sahur, padahal jika tidak kita biasakan makan sahur akan sangat membahayakan kesehatan.

Tubuh manusia membutuhkan asupan energi dalam jangka panjang selama tidur. Bagi anda yang memiliki penyakit maag, jangan pernah sekali-kali untuk meninggalkan makan sahur.

Berikut ini beberapa tips agar anda tidak terlambat sahur :

Pasanglah Alarm
Alarm sendiri memang menjadi salah satu senjata yang akan sigap membangunkan kita untuk makan sahur. Bagi anda yang tidak tinggal bersama orangtua maka bisa minta untuk dibangunkan orangtua atau pacar melalui sms atau miscall.

Jangan terlalu lelah
Setelah melakukan ibadah sholat tarawih dan tadarus al-qur’an anda disarankan untuk segera tidur. Jangan begadang untuk melihat acara televisi karena hal tersebut akan membuat anda lelah dan terlambat untuk makan sahur.

Sempatkan untuk sholat malam
Melakukan sholat malam atau sholat tahajud memang memiliki manfaat yang berlipat ganda. Ketika alarm sudah berbunyi cepatlah untuk mengambil air wudhu. Kami jamin mata anda akan lebih segar dan semangat untuk melakukan sahur.

Jangan berbuka secara berlebihan
Berbuka secara berlebihan hanya akan membuat lemak menumpuk. Semakin banyak lemak yang menumpuk dalam tubuh sudah pasti akan membuat kita lemas dan sulit untuk bangun pada saat sahur. Untuk itu berbukalah secukupnya saja.

Jangan kunci kamar anda.
Ketika anda tinggal bersama dengan orangtua anda, maka jangan kunci kamar. Orangtua sudah pasti akan membangunkan anda ketika anda malas untuk bangun.

Siapkan beberapa jenis makanan darurat
Waktu imsyak yang sudah mepet terkadang membuat kita tak sempat untuk memasak. Untuk itu anda wajib menyiapkan makanan darurat seperti kurma, roti dan susu. Jangan lupa untuk selalu minum air putih.

Perhatikan Awal dan Akhir Puasa
Awal dan Akhir menjalankan ibadah puasa memang menjadi waktu yang sangat rawan untuk terlambat bangun untuk makan sahur. Untuk itu anda harus mempersiapkan semuanya dengan baik.

Terima kasih sudah membaca artikel Tips Agar Tidak Terlambat Bangun Sahur, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya...

Bagikan ke teman

Related Posts

Previous
Next Post »