Cara Melacak Laptop Hilang

Cara Melacak Laptop Hilang

Belajar dari pengalaman teman kerja saya dulu, namanya Mbak Henny, tahun 2015 silam ia kehilangan laptop kesayangannya sewaktu mendampingi masyarakat melaksanakan rapat di kantor Kelurahan. Usai rapat tersebut, ia langsung bergegas pulang tanpa menyadari kalau laptopnya ketinggalan di kantor lurah. Saat ia kembali ke kantor lurah tersebut, ia tak menemukan laptopnya kembali alias hilang.

Rasa kesal, sedih atas kehilangan laptopnya tersebut menjadi pengalaman berharga buat mbak Henny agar tidak meninggalkan / menaruh sembarangan barang berharga di suatu tempat. Karena itu saya tertarik menulis artikel ini, setidaknya informasi ini menambah wahana pengetahuan kita dan sebagai antisipasi jika kita kehilangan laptop.

Kita tahu bahwa, laptop merupakan salah satu barang yang sangat penting apalagi bagi para pekerja kantoran, konsultan, fasilitator ataupun mahasiswa misalnya yang memang tidak akan bisa lepas dari laptop. Karena memang pekerjaan mereka yang menuntut untuk bekerja dengan laptop.

Namun, apa jadinya jika laptop tersebut hilang entah kemana dan ini akan menjadi masalah besar karena semua data-data penting tersimpan pada laptop tersebut.

Memang laptop adalah barang yang cukup rawan hilang atau dicuri karena harga dari laptop pun terbilang cukup fantastis. Banyak orang yang akan pasrah apabila sudah kehilangan laptop padalah tidak ada salahnya jika Anda menggunakan cara melacak laptop yang sudah hilang.

Sebenarnya untuk antisipasi apabila kehilangan laptop, Anda bisa mendownload aplikasi Prey Anti Theft.

Cara Melacak Laptop Hilang - Prey Anti Theft


Aplikasi tersebut dapat mendeteksi dimana laptop Anda dengan melalui GPS yang ada pada device. Bahkan, aplikasi ini dapat memotret wajah si pencuri yang sedang di depan laptop melalui webcam yang ada di laptop. Aplikasi ini juga dapat membuat laptop terkunci dari jarak jauh sehingga pencuri tidak dapat membuka laptop kecuali jika pencuri tersebut melepas baterai terlebih dahulu.

Cara menginstal aplikasi Prey Anti Theft

Aplikasi ini hanya ada satu, jadi Anda bisa menginstal langsung dari laptop atau ponsel melalui website dari prey anti theft itu. Namun, sebelum Anda masuk kedalam akun, Anda harus memasukkan terlebih dahulu email address dan password yang sudah dibuat sebelumnya.

Apabila sudah Anda harus melakukan setting, klik nama device Anda, jika sudah maka pilih fitur yang akan install namun yang terpenting Anda memilih Geo Network dan Webcam kemudian klik Save Changes. Dan Prey ini memiliki beberapa jenis yaitu adalah Prey untuk windows, Prey untuk android, Prey untuk linux, Prey untuk Ubuntu dan juga Prey untuk mac.

Cara menggunakan aplikasi Prey Anti Theft

Jika ingin melacak laptop yang hilang Anda dapat langsung masuk kea kun Prey itu lalu Anda langsung klik “repoting method” kemudian klik next dan pada fitur ini Anda dapat melaporkan perangkat yang hilang dengan klik “prey + control panel”.

Anda juga harus mengisi email prey agar aplikasi prey dapat mengirim laporan mengenai laptop secara periodic. Anda harus memasukkan URL, MAIL, SMTP server, SMTP password dan juga SMTP username lalu klik apply. Apabila sudah Anda bisa memilih fitur dari aplikasi dengan memilih “manage prey setting in prey configurator”.

Jika sudah maka Anda bisa melacak keberadaan posisi laptop Anda yang hilang.

Baca juga :


Nah, demikianlah informasi mengenai cara melacak laptop yang hilang. Anda bisa juga mencari cara lain di internet, tapi sesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki dari pada pusing mengaplikasikannya. Semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca artikel Cara Melacak Laptop Hilang, Silahkan share jika artikel tersebut bermanfaat dan jangan lupa untuk melihat juga artikel menarik lainnya.

Baca Juga :

Bagikan ke teman

Related Posts

Previous
Next Post »